Kepemimpinan Walikota Balikpapan

Nama           : Charis Bagus Dhanuarta

NIM             : 201910050311163 (163)

Jurusan         : Ilmu Pemerintahan C

Mata Kuliah : Kepemimpinan Pemerintahan

Dosen           : Drs. Suyoto M.Si

 

https://www.instagram.com/rz_effendi58/


Kepemimpinan pada dasarnya berarti kemampuan untuk memimpin, kemampuan untuk menentukan secara benar apa yang harus dikerjakan. Sehingga, kepemimpinan merupakan kemampuan mempengaruhi orang lain, yang dilakukan melalui hubungan interpersonal dan proses komunikasi untuk mencapai tujuan dan juga merupakan suatu proses mengatur dan membantu orang lain agar bekerja dengan benar untuk mencapai tujuan. Tetapi setiap orang memiliki gaya/cara yang berbeda satu dengan lainnya dalam hal memimpin.

Saya lahir dan besar di Kota Balikpapan sehingga saya mengambil contoh kepemimpinan walikota Balikpapan yaitu bapak Rizal Effendi. Rizal Effendi lahir di Balikpapan pada 27 Agustus 1958. Menyelesaikan pendidikan di kota Samarinda , dan memperoleh gelar Sarjana Ekonomi di Universitas Mulawarman di sana pada tahun 1995. Ia menikah dengan Yohana Palupi Arita, dengan tiga orang anak. Beliau dulunya adalah seorang wartawan yang kemudian menjadi wakil walikota dan sekarang menjadi walikota Balikpapan yang kedua kalinya.

Balikpapan adalah kota kecil di Kalimantan Timur yang sangat multicultural karena banyaknya suku pendatang di kota ini. Tak heran jika kota ini sangat beragam. Memimpin kota yang multikultural ini bukanlah hal yang sangat mudah karena wilayah yang memiliki keberagaman yang tinggi cenderung terjadinya gesekan, tetapi selama masa kepemimpinannya bapak Rizal Effendi, beliau berhasil menjadikan kota Balikpapan sebagai kota yang berprestasi dalam berbagai sektor, baik tingkat nasional maupun internasional bahkan menjadikan Balikpapan mendapatkan predikat kota yang dicintai di dunia oleh WWF tahun 2015 dan menjadikan kota Balikpapan menjadi kota yang layak huni. Hal ini tak terlepas dari semua pihak termasuk kepemimpinan yang dijalankan oleh beliau. Beliau adalah orang yang dekat dengan rakyatnya, beliau juga sering membalas komentar ataupun keluhan dari warganya. Jika ada suatu info yang penting beliau pun juga ikut memberi tahu warganya lewat media social. Beliau pun juga tidak segan jika dikritik atau di beri masukan dari warganya. Beliau orang yang sudah berpengalaman di pemerintahan karena sebelumnya juga pernah menjadi wakil walikota dan jadi walikota 2 periode sehingga dalam membangun kota Balikpapan menunjukan hasil yang positif

Komentar